3 Cara Turunkan Kadar Kreatinin yang Tinggi

3 Cara Turunkan Kadar Kreatinin yang Tinggi – Selama otot berkontraksi, tubuh akan memproduksi limbah kimia yang bernama kreatinin. Kreatinin merupakan zat yang berfungsi sebagai sumber energi untuk otot serta berfungsi menilai fungsi ginjal, karena kreatinin nantinya perlu disaring terlebih dulu oleh ginjal sebelum dibuang melalui urine.

Kadar kreatinin ini harus selalu dalam taraf normal guna mencegah munculnya masalah pada tubuh. Lalu, bagaimana jika kadar kreatinin dalam tubuh tinggi? Apa yang harus Anda lakukan? Jawabannya, tentu saja melakukan pengobatan.

Selain perawatan medis, ada berbagai pengobatan alami yang ternyata bisa membantu Anda mempercepat turunnya kadar kreatinin tinggi. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

3 Cara Turunkan Kadar Kreatinin yang Tinggi

  • Perbanyak Konsumsi Serat

Selain bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, mengonsumsi makanan berserat juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan kadar kreatinin yang tinggi.

Dibuktikan oleh sebuah riset yang dimuat dalam European Journal of Clinical Nutrition, bahwa sumber serat dapat membantu mempercepat proses pemulihan pengidap penyakit ginjal kronis dengan cara menurunkan kadar kreatinin tinggi dalam tubuh.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan kadar kreatinin tinggi sebaiknya perbanyak asupan serat. Asupan serat sendiri bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan ataupun gandum utuh.

  • Hindari Olahraga Berat

Aktivitas otot yang terlalu berat bisa meningkatkan produksi kreatinin. Semakin banyak atau semakin lama otot bekerja, maka semakin tinggi pula kadar kreatinin yang ada didalam darah. Tapi, bagi Anda yang punya kadar kreatinin tinggi, bukan berarti anda dilarang untuk olahraga.

Rutin melakukan olahraga tentunya bagus untuk kesehatan tubuh. Namun cobalah untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh anda. Sebaiknya, untuk sementara waktu hindari olahraga atau kegiatan harian yang terlalu berat. Setidaknya, sampai kadar kreatinin Anda kembali ke kadar normal.

  • Perhatikan Kebutuhan Cairan

Jangan pernah menyepelekan tentang aturan jumlah cairan yang harus diminum setiap harinya. Apalagi bila Anda mengalami dehidrasi berat. Karena, asupan cairan yang kurang dapat menghambat kinerja ginjal. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan seberapa banyak cairan yang harus diminum beserta waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

Nah itulah 3 Cara Turunkan Kadar Kreatinin yang Tinggi. Anda bisa menerapkan ketiga cara di atas untuk membantu menurunkan kadar kreatinin Anda yang tinggi. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Post by: nyarisehat.com