3 Gejala Maag Kronis

3 Gejala Maag Kronis – Maag adalah suatu penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada lambung. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh luka yang dapat menimbulkan rasa perih atau sakit pada ulu hati.

Maag Kronis & Maag Akut

Maag kronis juga dapat diartikan sebagai gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh teriiritasinya selaput lendir pada lambung yang disebabkan oleh produski asam lambung.

Gangguan maag dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu maag kronis dan maag akut. Dimana gejala pada keduanya memiliki kesamaan. Tapi, yang membedakan keduanya yaitu pada gejala maag kronis bisa tumbul secara menahun, sedangkan maag akut memiliki gejala yang mendadak serta terjadi hanya sementara waktu dan dalam waktu yang singkat.

Penyebab Maag Kronis

3 Gejala Maag Kronis

Penyebab maag kronis merupakan semua hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada ketahanan selaput pada dinding lambung, diantaranya :

  • Terlalu banyak makan makanan yang pedas dan berlemak
  • Penggunaan beberapa obat obatan seperti anti-Inflamantory Drug (NSAID)
  • Terkena infeksi yang disebabkan oleh virus Helicobacter Pylori, yaitu sesuatu bakteri yang hanya terdapat pada organ lambung yang cara kerjanya ialaj dengan mengganggu fungsi usus dua belas jari.
  • Pola makan yang tidak teratur
  • Disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan seperti anemia, obesitas, hepatitis dll.

Gangguan maag dapat dikatakan kronis apabila frekuensi rasa sakit yang timbul lebih dari sakit maag pada umumnya. Dalam beberapa kasus yang terjadi, maag kronis bisa mengakibatkan penderitanya muntah darah, maupun penurunan berat badan.

3 Gejala Maag Kronis

1. Rasa ingin mual dan muntah yang terjadi dengan intensitas yang lumayan sering.

Mual merupakan perasaan tidak nyaman yang terjadi pada perut sebelum terjadinya muntah. Hal ini biasanya disertai dengan berkeringat, produksi air liur yang berlebih, serta terjadinya kontraksi secara ritmis pada otot otot perut.

2. Rasa nyeri pada ulu hati sering timbul

Ulu hati terletak pada perut atas bagian tengah. Rasa sakit oada organ ini biasanya akan disertai dengan nyeri pada dada, akan terasa sesak nafas, sakit yang menjalar ke bahu dan lengan, juga dapat disertai dnegan muntah-muntah. Nyeri hati merupakan salah satu gejala maag kronis yang sering dialami pada penderitanya.

3. Hilangnya nafsu makan

Seorang pengidap maag krnonis akan mengalami hilangnya nafsu makan pada saat rasa mual mulai muncul. Hal tersebut seringkali menyebabkan perut menjadi kembung, sering bersendawa, serta perubahan warna kulit menjadi pucat. Hilangnya nafsu makan dapat mengakibatkan penurunan berat badan pada penderita maag ini.

Nah, itulah 3 gejala maag kronis yang sering diabaikan pada penderitanya. Karena terlalu seringnya diabaikan, maag kronis maka akan semakin sulit untuk diobati. Untuk penanganan pada gejala maag kronis sebaiknya periksakan ke dokter spesialis lambung untuk mendapatkan penangan yang lebih tepat dan aman.

Posted By Toko AA Herbal