Gejala Penyakit Diabetes yang Sering Diabaikan

Tahukah kamu? Diabetes ternyata masuk dalam daftar penyakit yang membunuh secara diam-diam. Penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang sampai komplikasi penyakit ganas lainnya. Penyakit ini sering tidak terdeteksi dari awal, karena pada beberapa kasus pengidap diabetes bisa menyerang tanpa menunjukkan tanda-tanda yang jelas.

Di negara kita, diabetes berada di urutan nomor 3 penyakit yang mematikan setelah penyakit stroke dan jantung. Sayangnya hanya 30% saja dari jumlah pengidap diabetes yang teridentifikasi dengan tepat. Dan sisanya tidak sadar bahwa dirinya mengidap penyakit diabetes ini.

Diabetes ialah penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada sistem pengaturan kadar gula dalam tubuh. Diabetes sering diidentikan dengan gejala seperti obesitas, sering buang air kecil yang dibarengi dengan sering haus. Tapi ternyata gejala diabetes tidak hanya itu. Ada beberapa tanda-tanda penyakit diabetes lainnya yang sering diabaikan dan tidak kalian sadari bahwa itu sebagai ancaman. Apa saja? yuk simak dibawah ini :

Gejala Penyakit Diabetes

  • Mudah Mengantuk

Meningkatnya kadar gula dalam darah bisa membuat seseorang menjadi lebih mudah mengantuk, terutama pada siang hari. Selain itu, pengidap penyakit diabetes juga sering mendengkur ketika sedang tidur.

  • Masalah Penglihatan.

Biasanya pengidap diabetes ditandai dengan menurunnya kemampuan mata. Namun, penghlihatan yang tiba-tiba mengalami peningkatan ternyata juga perlu diwaspadai.

Meningkatnya kemampuan melihat seseorang bisa jadi tanda awal dari penyakit diabetes. Ini disebabkan karena perubahan kadar air di dalam tubuh. Sebab, perubahan itu juga berdampak pada area mata dan membuat penglihatan pun mengalami perubahan.

  • Sulit Mendengar

Mengalami gangguan pendengaran dapat menjadi salah satu gejala penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena rusaknya pembuluh darah dan saraf bagian dalam telinga.

  • Kulit Menjadi Gelap

Salah satu gejala pengidap diabetes lainnya yaitu kulit menjadi gelap. Gejala ini ditandai dengan perubahan warna kulit di area-area tertentu atau muncul bercak hitam di lipatan kulit seperti di belakang leher, ketiak, atau di siku.

  • Gatal yang Mengganggu

Gatal yang tidak kunjung hilang bisa menjadi gejala awal penyakit diabetes. Apalagi jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh.

Rasa gatal yang timbul ini disebabkan pada rusaknya sirkulasi darah sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Pengecekan darah harus sering dilakukan guna mencegah penyakit komplikasi lainnya bermunculan.

Bila tidak segera ditangani dengan tepat, diabetes dapat menyebabkan timbulnya masalah penyakit lainnya ke berbagai organ tubuh kita, seperti ginjal, mata, syaraf, pembuluh darah dan jantung. Segeralah lakukan pemeriksaan apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Demikian artikel tentang Gejala-Gejala Penyakit Diabetes yang sering diabaikan. Semoga bermanfaat untuk pembaca 🙂

Share jika menurut kalian ini bermanfaat untuk yang lainnya juga.

Posted by nyarisehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *