Kenali Gejala Penyakit Batu Empedu

Kenali Gejala Penyakit Batu Empedu – Pernahkah Anda tahu tentang penyakit batu empedu? Meski kurang terkenal dibanding penyakit batu ginjal, jumlah penderita batu empedu tak kalah banyak lho. Gejala dari batu empedu ini mirip dengan penyakit maag. Sehingga banyak yang tak waspada dan mengabaikannya.

Empedu merupakan cairan berwarna hijau kekuningan yang diproduksi hati. Cairan empedu ini ditampung dalam kantong yang disebut kantong empedu. Yaitu organ yang menyerupai buah pir yang berada tepat di bawah hati.

Organ ini memiliki peran membantu sistem pencernaan dalam memecah lemak dari makanan dan melepas isi cairan ke usus kecil. Gangguan empedu merupakan gangguan yang menyerang saluran empedu, kantong empedu atau organ disekitar empedu yang menyebabkan sumbatan di saluran empedu.

Kenali Gejala Penyakit Batu Empedu

Penyebab gangguan empedu

Gangguan empedu dapat berupa batu atau lumpur yang mengendap di kantong empedu dan bisa menyebabkan peradangan pada kantong empedu. Sedangkan batu atau massa pada saluran empedu bisa menyebabkan sumbatan yang akan menimbulkan rasa nyeri disertai badan yang menjadi kuning.

Gejala batu empedu

Kelainan utama yang bisa muncul pada kantong empedu ialah terbentuknya batu. Batu empedu juga dapat terbentuk di saluran empedu. Batu empedu sendiri dapat terbentuk dari endapan kolesterol, pigmen bilirubin dan garam kalsium yang menjadi keras. Batu empedu tidak menyebabkan kanker di empedu ataupun di saluran empedu.

Pengobatan batu empedu

Pengobatan batu empedu bisa dilakukan dengan cara operasi pengangkatan kantong empedu atau menggunakan teknologi ERCP (endoscopic retrograde cholangiopancreatography) bila batu sudah keluar dari kantong empedu dan menyebabkan penyumbatan di saluran utama empedu.

Alat ERCP ini bisa menjangkau batu empedu lebih jauh dan bisa mengambilnya langsung tanpa operasi ( tergantung lokasi batu). Teknologi yang satu ini juga minim sayatan, sehinga resiko infeksi setelah operasi dapat dikurangi dan masa perawatan pasien akan lebih cepat.

Mencegah gangguan empedu

Agar Anda terhindar dari gangguan empedu atau batu empedu, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung minyak dan lemak (kolesterol) serta terapkan gaya hidup sehat. Seperti rutin berolahraga dan menurunkan berat badan.

Yang paling penting, jangan mengabaikan gejala apapun yang berkaitan dengan sakit perut, jangan anggap semua sakit di perut adalah penyakit maag. Siapa tahu, Anda mengalami masalah di empedu atau organ pencernaan lainnya.

Posted by nyarisehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *