Manfaat Konsumsi Gambir Untuk Diabetes

Manfaat Konsumsi Gambir Untuk Diabetes – Diabetes merupakan penyakit akibat kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Sebetulnya, dalam kondisi normal kadar gula darah bisa meningkat 1-2 jam setelah makan. Ini disebabkan makanan yang dicerna oleh tubuh sedang diserap dan diedarkan dalam darah.

Pada kasus diabetes tipe 1, tubuh tidak memproduksi hormon insulin untuk mengolah gula darah. Sehingga, kadar gula darah mengalami peningkatan secara signifikan. Sementara pada kasus diabetes tipe 2, tubuh bisa memproduksi insulin tapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Karena itulah, pengidap diabetes harus bisa menjaga pola makannya dengan sangat baik.

Dan bagi Anda yang saat ini sudah terlanjur menderita diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2 alangkah baiknya untuk segera mengobati diabetes Anda tersebut. Ada banyak bahan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, salah satunya adalah gambir.

Manfaat Konsumsi Gambir Untuk Diabetes

Manfaat Konsumsi Gambir Untuk Diabetes

Gambir atau Unicaria gambir merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia dan Malaysia. Tanaman yang satu ini kerap digunakan sejak dulu oleh orang Indonesia sebagai bahan untuk menyirih. Kandungan gambir dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

Kandungan alkaloid pada gambir bertugas untuk melancarkan masuknya nutrisi, dalam hal ini gula darah akan masuk dan di proses dalam sel tubuh. Makin banyak sel yang mengolah gula darah maka makin menurun pula kadar gula darah dalam tubuh.

Alkaloid membuka pori-pori sel sebagai jalan masuk kedalam sel, sekaligus jalan keluar hasil metabolisme tubuh. Sehingga, tidak hanya membantu mengolah gula darah saja, tapi kandungan alkaloid ini juga membantu proses pengeluaran hasil metabolisme dari sel tubuh.

Nah selain alkaloid, gambir memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa bioaktif yang dapat ditemukan dalam buah, biji, kacang-kacangan dan beberapa sayuran. Beberapa riset menunjukkan flavonoid bisa digunakan untuk terapi pengobatan diabetes.

Pada riset menggunakan tikus percobaan didapati efek flavonoid bisa menurunkan enzim aldose reductase, membantu meregenerasi sel beta pankteas serta meningkatkan sekresi insulin. Sel beta pankreas merupakan tempat di mana hormon insulin dihasilkan. Sehingga secara tak langsung, flavonoid juga bisa meningkatkan produksi hormon insulin.

Itulah uraian mengenai Manfaat Konsumsi Gambir Untuk Diabetes. Meski gambir mempunyai khasiat yang bagus, namun konsumsinya harus dibatasi. Cukup konsumsi gambir 2 kali dalam sehari. Karena jika berlebihan bisa sebabkan efek negatif untuk tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by Toko AA Herbal

Manfaat Konsumsi Gambir Untuk Diabetes